Selasa, 29 November 2016

Angkutan Umum di Philipina yang Unik Hampir mirip dengan Indonesia

Angkutan Umum di Philipina yang Unik Hampir mirip dengan Indonesia


AGEN SABUNG AYAM TERBESAR - Transportasi unik dan jadi ciri khas Filipina. Namanya Jeepney, yang dulunya bekas kendaran perang pada masa Perang Dunia II.ddan di indonesia ada juga angkutan yang mirip namanya Angkot di kota medan.

Filipina merupakan salah satu kota metropolitan di Asia Tenggara, sama halnya dengan Jakarta. Kepadatan penduduk, Gedung bertingkat dan Macet juga terlihat disana.

Kemacetan menjadi sarapan pagi dan sore setiap harinya. Tak jauh berbeda dengan Jakarta. Hanya saja, kesemrawutan Manila bisa dikatakan lebih parah. Ratusan mobil pribadi ataupun taksi selalu memadati jalanan Ibukota Filipina, Manila. Terlebih di hari kerja Senin-Jumat.

Semua itu tak lain karena kurang optimalnya pemanfaatan moda transportasi umum di Manila. Seperti Jakarta, Manila juga belum memiliki angkutan masal yang aman, nyaman dan terintegrasi bagi warganya ataupun wisatawan. 

Salah satu kendaraan umum yang cukup populer di Filipina adalah Jeepney. Selain itu ada Tricycle atau serupa dengan becak motor kendaraan umum khas Sumatera Utara dan Aceh di Indonesia.

Saking mendesaknya akan kebutuhan moda transportasi umum, Jeep sisa perang dunia II itu pun dimodifikasi sedikit dengan buntut yang lebih panjang dari aslinya. Kemudian ditaruh lah bangku yang berhadapan layaknya angkot di Indonesia. 

Untuk menarik minat warga naik transportasi umum tersebut, kendaraan ini pun didandani sedemikian rupa dengan berbagai hiasan dan lukisan yang berwarna-warni. Mobil eks Perang Dunia II yang sudah dimodifikasi ini akhirnya dinamai Jeepney. 

Dengan begitu, fungsinya yang dulu sebagai pengangkut tentara saat perang dunia II, kini membawa penumpang dan menjadi moda transportasi umum di Filipina. 

Selain Jeepney, ada juga transportasi umum Tricycle.Sebuah motor yang di modifikasi menjadi sebuah moda transportasi yang dapat menampung lebih banyak penumpang. Kalau di Indonesia bisa dibilang mirip bentor/ helicak.

Tricycle ini digunakan untuk melewati jalan atau gang-gang sempit yang tidak bisa diakses oleh kendaraan roda 4 seperti Jeepney ataupun Bus besar. Sementara Untuk harganya sendiri tidak ada patokan tertentu, kita tinggal tawar menawar saja dengan si pengemudi.

Yang serupa dengan Tricycle adalah Pedicab atau di Indonesia disebut becak. Kendaraan roda tiga ini dibedakan dari sisi mesinnya. Kalau Tricycle menggunakan kekuatan mesin untuk menjalankannya, sementara Pedicap menggunakan kekuatan kaki seperti becak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar