Jumat, 25 November 2016

Indahnya Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang

Indahnya Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang


AGEN SABUNG AYAM TERBESAR - Air terjun yang bagai tirai raksasa ini pun terlihat bagai tetesan surga karena keindahannya. Indonesia punya berbagai air terjun yang begitu indah, termasuk air terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Jawa Timur.

Di sepanjang jalur yang akan dilewati, terdapat banyak sekali air terjun yang akan memanjakan mata. Tapi tak hanya keindahan yang ditawarkan, di sini Anda akan mendapati banyak tantangan yang siap menghandang.

Di sini ada sekitar tiga pintu masuk pos penjaga menuju Air Terjun Tumpak Sewu. Saya  masuk melalui pos penjaga ketiga dari arah Malang-Lumajang atau pos penjaga pertama dari arah sebaliknya. Untuk tiket masuk hanya dikenai biaya Rp 3.000 saja, sedangkan untuk parkir motor Rp 5.000.

Pemandangan alam yang tersaji tak kalah menajubkan. Saya sarankan lebih baik menggunakan sendal gunung, sebab sebagian anak tangga terbuat dari tanah yang lumayan licin. sendal juga akan memudahkan perjalanan menyusuri sungai.

Baru berjalan beberapa meter, di sebelah kiri sudah tampak sebuah air terjun. Namun untuk akses jalan menuju air terjun tersebut belum dibuka untuk umum. Selang beberapa menit setelah menuruni tebing, mata anda akan terbelalak menyaksikan salah satu bukti kebesaran tuhan yaitu Gua Tetes.

Perpaduan antara hutan, air terjun, tebing serta stalaktit dan stalagmit tersusun begitu indah dan megah. Ditambah dengan aliran air yang berkumpul di kolam-kolam kecil stalagmit dan mengalir kebawah menuju Sungai Glidik.

Wajib rasanya bagi anda yang mengaku pecinta alam, suka tantangan dan yang hobi hunting foto untuk mengunjungi tempat tersebut. Namun harus waspada, bila cuaca kurang bersahabat dan kondisi fisik yang tidak memungkinkan.

Dan yang tidak kalah penting, jangan buang sampah sembarangan serta hindari  kegiatan coret-coret. Saya tidak rela jika serpihan surga air terjun tersebut rusak keindahannya oleh tangan yang tidak bertangggung jawab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar