Minggu, 02 Oktober 2016

di Babakan Siliwangi ada hutan kota

Tempat Ngadem di Babakan Siliwangi



AGEN SABUNG AYAM TERPERCAYA -  Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau Bandung punya hutan kota. Berada di Babakan Siliwangi, ada hutan kota yang hijau dan segar.
Ketika pertama kali hutan kota boleh dikunjungi, saya diceritakan oleh Abah saya. Letaknya di Babakan Siliwangi, kira-kira luasnya 3,8 ha. Lokasinya di tengah kota, malah di Lingkar Siliwangi yang sering dilewati kendaraan.

Memang tidak nampak dari depan kalau di Babakan Siliwangi terdapat hutan kotanya Bandung. Malah hutan kota ini diresmikan sebagai hutan kota dunia pertama di Indonesia (27 September 2011).

Kondisi awalnya sangat baik-baik saja, berbeda apabila Anda kunjungi sekarang ini. Beberapa papan kayu patah, besi hijau penuh coretan, dan kerusakan lainnya.

Sering saya mengunjungi tetiba keadaannya membaik lagi, seperti baru saja dilakukan pengecatan ulang dan diperbaiki beberapa kerusakannya. Sayang sekali, padahal saya suka ngadem di sini. Biasanya pagi-pagi masih sepi, beranjak siang beberapa anak sekolahan nongkrong di sini.

Suasananya masih rindang pohon, dekat dengan SABUGA dan mural sepanjang jalan seberangnya. Biasanya kalau saya mengajak teman ke sini, mereka tidak tahu tempatnya.

Heran, padahal di pinggir jalan raya pas tapi banyak yang tidak menyadarinya. Di depannya memang tidak ada plang nama yang menjelaskan di sini ada hutan kota sih.

Samar-samar terdengar kicauan burung dan suara alam lainnya. Terlihat juga biru warna kolam renang di SABUGA. Kalau sudah agak siang, mulai ramai, biasanya saya memilih beranjak saja. Sudah cukup menghirup kesegarannya. Besok-besok masih bisa ke sini lagi.

Saya pernah baca di papan yang ada di Hutan Kota (dulu, namun tidak lama papan itu raib), tertulis bahwa di Babakan Siliwangi itu terdapat 48 jenis pohon dan 24 jenis burung, yang enam di antaranya dilindungi Undang-Undang.

Oh iya, PBB juga mengakui Hutan Kota ini sebagai satu-satunya hutan kota yang ada saat ini. Tentu saja karena hutan kota ini berperan memasok oksigen bagi masyarakat Bandung.
Lahan seluas 3,8 ha ini adalah area resapan air yang sanggup memasok oksigen untuk 15 ribu jiwa dalam sehari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar