Minggu, 16 Oktober 2016

Lithuania Titik tengah Benua Eropa

Lithuania Titik tengah Benua Eropa


AGEN SABUNG AYAM TERBESAR - Benua Eropa memang selalu menarik untuk dibahas. Masih ada bayak hal yang kita belum tahu dari Benua Biru ini. Termasuk soal dimana titik tengah benua tersebut berpusat.

Banyak kartografer alias ahli pembuat peta, telah mengukur dan melakukan kalkulasi untuk mencari titik ini. Banyak pula ahli astronomi, maupun geografi yang mempublikasikan hasil penelitiannya. Banyak ahli mengklaim telah menemukan titik tersebut.

Klaim pertama diluncurkan oleh Ahli Astronomi asal Polandia bernama Szymon Sobienkrajski di tahun 1977. Syzmon menyebut titik pusat Eropa ada di Kota Suchowola di sebelah Timur Laut Polandia.

Menyusul kemudian klaim-klaim dari Belarusia, Hungaria, Estonia, hingga Jerman. Dari sekian banyak titik yang diklaim sebagai titik pusat Benua Eropa, ada satu lokasi di Lithuania yang hingga kini dipercaya sebagai titik tengah Benua Eropa.

lokasi titik tengah ini ada di Desa Purnuskes, sekitar 26 Km sebelah utara Vilnius, Ibukota Lithuania. Titik ini ditandai dengan sebuah monumen, serta taman yang diberi nama Europa Park.

Titik di Desa Purnukes ini ditetapkan sebagai titik tengah Benua Eropa berdasarkan hasil penelitian Jen-George Affholder dari Institut National Geographic Prancis di tahun 1989. Lithuania pun menyambut gembira dengan hasil penelitian tersebut.


Monumen ini dirancang oleh seniman patung ternama asal Lithuania, Gediminas Jokubonis. Monumen tersebut terbuat dari batu granit, dengan hiasan mahkota bintang-bintang di atasnya, sama seperti lambang Uni Eropa.

Di sekitar monumen juga dibangun sebuah taman yang cukup asri dengan tanaman berbunga sebagai hiasannya. Taman ini juga dikelilingi oleh tiang bendera negara-negara yang masuk Uni Eropa. Oleh sebab itu, taman ini pun diberi nama sebagai Europa Park.

Kini, Europa Park maupun Monumen titik tengah Benua Eropa menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang liburan ke Kota Vilnius, Lithuania.

Untuk menuju ke titik tengah Benua Eropa di Lithuania ini, traveler bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus, atau menggunakan taksi. Jika naik bus dari Kota Vilnius, traveler naik saja bus jurusan Vilnius-Paberze dari Halte Moletai di Bundaran Santariskes.

Nanti turunlah di Geographical Center of Europe. Jaraknya hanya 30 menit saja. Tiketnya bisa dibeli on the spot di dalam bus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar