Kamis, 20 Oktober 2016

Ternyata di Sumatera ada bangunan ini

Ternyata di Sumatera ada bangunan ini


AGEN SABUNG AYAM TERBESAR - Kedua tempat di Sumatera Utara yang mirip seperti Pagoda Shwedagon dan Batu Caves itu adalah Taman Alam lumbini dan Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil. Mungkin kurang seterkenal Danau Toba yang menjadi destinasi hits di Tanah batak, tapi kedua tempat ini wajib masuk destinasi liburan kamu selanjutnya.

Taman Alam lumbini berlokasi di Barus Jahe, Berastagi. Dibuka sejak tahun 2010, jika kamu berangkat dari Kota Medan maka jaraknya sekitar 61 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam naik mobil.

Taman Alam Lumbini dibangun tahun 2010 silam, yang memiliki replika Pagoda Shwedagon. Pagoda dengan warna keemasan ini memang terlihat megah dan mewah. Di bawahnya ada gelang ornamen sulur emas sepanjang 1,5 meter. Tepat di tengah ruangan, ada empat patung Buddha yang terbuat dari marmer.

Replika Pagoda Shwedagon ini memang dibangun sebagai kembaran Pagoda Shwedagon di Myanmar sana, sekaligus menjadi tempat beribadah umat Buddha. Pagoda Shwedagon sendiri merupakan salah satu pagoda yang diagungkan oleh umat Buddha.

Untuk masuk ke Pagoda, pengunjung harus melepas sepatunya. Selain itu, ada aturan yang tidak boleh mengambil gambar dengan kamera ponsel jika berada dalam Pagoda dan tidak boleh makan atau minum di area Pagoda.

Walaupun daerah Berastagi ini bukan daerah mayoritas beragama Buddha, melainkan mayoritas suku Karo beragama Kristen, tetapi kerukunan umat beragama di sini sangat terjaga. Banyak agama lain yang mampir ke pagoda mewah ini hanya sekedar untuk berwisata.



Sekarang kita beranjak ke Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil, kembarannya Batu Caves Malaysia. Kuil ini berlokasi di Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat. Pada bagian depan kuil dihiasi menara bertingkat dengan sejumlah patung menghiasi atap-atap kuil.

Keunikan Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil adalah adanya patung Dewa Murugan yang berdiri di sebelah kiri bangunan Kuil. Patung Dewa Murugan punya tinggi 17 meter dengan tampilan mirip seperti Patung Dewa Murugan di Malaysia sana.

Dewa Murugan adalah Dewa Hindu yang terkenal di kalangan orang Tamil di negara bagian Tamil Nadu di India, dan Sri Lanka. Dia merupakan Dewa perang dan pelindung negeri Tamil. Dewa Murugan digambarkan sebagai dewa berparas muda, bersenjata tombak dan mengendarai burung merak. Maka dari itu, kuilnya pun memeilihara 3 burung merak yang cantik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar