Rabu, 12 Oktober 2016

Festival Pulau Tomia di Wakatobi

Festival Pulau Tomia di Wakatobi


AGEN SABUNG AYAM TERBESAR - Wakatobi kian gencar dipromosikan Kemenpar untuk menarik wisman. Lewat Festival Pulau Tomia di bulan November, diharap dapat menarik lebih banyak wisman.

Setelah menggelar Festival Barata Kahedupa, kini Wakatobi akan menggelar event Festival Pulau Tomia untuk menarik perhatian publik pada 3-6 November bulan depan.

Seperti diketahui, Wakatobi merupakan satu dari 10 top destinasi yang sedang diproses oleh Menpar Arief Yahya. Lewat festival, diharapkan jumlah wisman yang berkunjung ke Wakatobi akan semakin meningkat.

"Ini adalah festival Budaya Wakatobi yang akan berisi kegiatan lomba budaya, pesta kuliner, lomba mancing tradisional, dan lainnya," jelas PIC Destinasi Wakatobi dari 10 Bali Baru Kemenpar RI, Arie Prasetyo lewat surat keterangan pers Kemenpar.

Arie yang berada dalam koordinasi Ketua Pokja 10 Destinasi Prioritas menjelaskan, kegiatan itu akan dipusatkan di Pulau Tomia. Itu adalah satu dari empat pulau terbesar yang dihuni oleh penduduk, yakni Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

"Divesite dan snorkelsite di Tomia bagus-bagus, karena posisinya memang cukup jauh dari Wangi Wangi, pulau terbesar penduduknya dan yang dibangun Bandara Matahora itu," kata Arie.

Tomia sendiri punya beberapa tradisi budaya yang asli. Mereka punya Pesta Adat Safara, setiap Bulan Safar dalam kalender Islam atau Jawa. Juga tradisi Bose–Bose, menghiasi perahu menjadi berwarna-warni, dan dimuati sajian masakan tradisional seperti Liwo, lalu diarak mengelilingi pantai dari Dermaga Patipelong menuju Dermaga Usuku sampai ke Selat One Mobaa. 

Sepanjang perjalanan itu dilakukan prosesi sambil menabuh gendang. Pesta adat ini bertujuan agar semua dosa dapat hanyut bersama riaknya air laut.

Ada juga tari Sajo Moane, tarian sakral yang dimainkan oleh kaum laki–laki. Lalu tari Saride, tarian tradisional yang melambangkan makna persatuan dan kebersamaan dalam kegiatan yang menyangkut kepentingan umum. 

"Tomia selain alam baharinya bagus, juga memiliki budaya yang kuat. Karena itu di Festival Pulau Tomia 2016 ini akan menjadi arena hiburan yang menyenangkan," ungkap Arie.

Puncak kegiatan tahun ini adalah Wakatobi Wave (Wonderful Festival and Expo) yang akan diselenggarakan tanggal 1-3 December 2016. Untuk akses, telah ada penerbangan rute Makassar-Wakatobi oleh maskapai Wings Air.

"Info ter-update, Wings Air akan mulai membuka rute penerbangan baru Makassar-Wakatobi, direct flight, 7 kali seminggu setiap hari mulai akhir Oktober 2016. Ini sebenarnya agak muncur dari jadwal semula yang direncanakan terbang di akhir September 2016 sesuai slot time yang tersedia," kata Arie.

Rencananya, lanjut Arie, Garuda Indonesia juga akan membuka rute penerbangan dari Denpasar-Wakatobi di akhir tahun 2016. Jika ini terealisasi, maka wisman yang berwisata ke Bali bisa langsung terbang ke Wakatobi. Akses dari pintu utama wisman ke tanah air bisa terkoneksi ke Wakatobi.

Arie juga melaporkan, Kemen PU-PERA juga telah melakukan kunjungan untuk mengidentifikasi dukungan 3 bidang, yakni Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman (sanitasi), Bidang Pengembangan Pemukiman, dan Bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). 

"Konsultan yang ditugasi oleh Bank Dunia juga sudah melakukan survey dan data collection ke Wakatobi," ungkap Arie.

Di banyak momentum Menpar Arief Yahya juga menyampaikan, semakin banyak daerah yang bersama-sama membangun kawasan pariwisata, semakin banyak investasi yang masuk, semakin bagus dan cepat maju. 

"Ingat, Pariwisata adalah cara yang paling cepat dan paling mudah untuk menaikkan PDB, menghasilkan devisa, dan mengatasi problem ketenagakerjaan saat ini. Impact misalnya, 1 juta USD terhadap PDB itu 170 persennya. PDB itu mencerminkan pendapatan per kapitan," kata Arief.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar